Pengertian Sejarah

Sejarah


  Pengertian Sejarah adalah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. atau secara sederhana, pengertian sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Sejarah dalam bahasa Yunani diperoleh dari kata Historia yang berarti  pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yang mendalam.

   Sedangkan dalam bahasa sejarah, bahasa terbagi menjadi dua yakni pengertin sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pengertian sejarah dalam arti sempit adalah kejadian atau peristiwa yang terdapat di sekitar kita. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas adalah suatu peristiwa manusia dari akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.

  1. masa lalu yang dilukiskan berdasarkan urutan waktu (kronologis)
  2. ada hubungannya dengan sebab akibat;
  3. kebenarannya bersifat subjektif sebab masih perladanya penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki;
  4. peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masakini, dan masa yang akan datang.








  • Moh. Hatta
  • Sejarah dalam wujudnya dapat memberikan pengertian mengenai masa lampau. Sejarah bukanlah hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian pada masa lalu sebagai sebuah masalah. Sejarah bukan sekedar hanya kejadian pada masa lalu, namun pemahaman masa lampau yang terkandung didalamnya berbagai dinamika, mungkin seperti berisi problematik pelajaran untuk manusia berikutnya.
  • Muhammad Yamin
  • Muhammad Yamin berpendapat bahwa pengertian sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat untuk dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  • W.H. Walsh
  • Sejarah menitikberatkan kepada pencatatan yang memiliki sebuah arti dan penting saja bagi umat manusia. Catatan tersebut dapat meliputi berbagai jenis tindakan serta pengalaman umat manusia pada masa lampau dengan berbagai hal yang penting sehingga menjadi sebuah cerita yang berarti.



        Pada masa kini, sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menuju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 
    Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan memberi kita gambaran tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau sehingga dapat merumuskan hubungan sebab akibat mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan tersebut, walaupun belum tentu setiap peristiwa atau kejadian akan tercatat dalam sejarah.

    Disusun Oleh : Wildan Alfan Hakim(35)
    IG : @wildanalfan28


    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Sinkronik,Diakronik,Periodisasi,Kronik

    Uraian Lengkap Zaman Praaksara di Indonesia